Model Pembayaran Iklan Online


Pembayaran iklan online merupakan salah satu cara agar pendistribusian iklan berjalan secara efektif. Iklan terdistribusi dengan baik membutuhkan metode pembayaran yang berbeda-beda antara satu iklan dengan iklan yang lain. Sebagai contoh ada iklan yang dibayar setelah terdapat pengunjung didalamnya (Pay Per Click) namun ada iklan yang hanya dibayar bila ada penjualan yang dihasilkan atau fee pembayaran dari setiap pembelian sebuah produk.
Karakteristik yang berbeda ini dipadukan dalam sebuah model pembayaran iklan online, Dibawah ini adalah model pembayaran iklan online :

Pay Per Impression

Pengiklan ini harus membayar setiap kali iklan tampil pada halaman web penyedia iklan. Cara yang paling umum untuk model ini adalah CPM (Cost Per Mill) atau biaya per seribu tayangan (cost per seribu). Berapa website memberlakukan iklan jenis ini dimana iklan hanya akan dibayar jika mencapai batas hitungan misalnya seribu klik atau per mill. Hal ini bertujuan untuk menarik para advertiser/pengiklan agar mau memasangkan iklan nya pada website publisher.

CPM merupakan bentuk penyebaran yang menguntungkan penyedia iklan, biasanya website dengan triffic tinggi. Contoh : portal web seperti www.msn.com , website berita seperti republika.co.id atau detik.com masuk dalam kategori model pembayaran iklan menggunakan pay per impression.

Pay Per Click

Pengiklan membayar pemasang iklan setiap kali pengunjung mengklik pesan mereka (cost per click). Iklan PPC biasanya berkaitan dengan pemasaran pencarian berbayar, dimana bila sebuah publisher mendapatkan pengunjung baru setiap perpengunjung itulah yang menjadi tarif yang di tetapkan . bila kita mempunyai website yang baru dibuat tentu kita membutuhkan banyak penunjung, cara yang paling efektif agar pengunjung dapat datang sesuai dengan kategori yang telah kita tentukan adalah dengan menggunakan moder periklanan pay per click seperti pada google adsword. Periklanan menggunakan google adsword sendiri mentarifkan sebuah iklan berdasarkan berapa banyak pengunjung yang dihasilkan.

Pay Per Action

Pengiklan harus membayar untuk iklan mereka bila pengunjung telah melakukan tindakan yang diinginkan (cost per action) misalnya, pembelian atau pengiriman formulir(konsumen mengisi formulir). Metode pembayaran ini adalah cara terbaik untuk pengiklan karena mereka hanya membayar bila iklan telah memenuhi tujuannya. Setiap aksi yang dilakukan oleh konsumen seperti mengisi biodata, atau mengisi alamat email baru sebuah iklan akan dikenakan tarif, namun bila pengunjung hanya akan melihat-lihat saja tarif tidak akan dikenakan pada pengiklan.

Pay Per Sale

Model pembayaran ini memberikan komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil terjual melalui link ditampilkan affiliator. Metode affiliasi ini adalah dimana perusahaan membuka jalan seseorang untuk memberikan link agar menarik pembeli, setiap pembelian yang dilakukan akan mengarah pada kode referral (kode unik pengiklan ) dimana setiap pembelian yang terjadi, orang yang memiliki kode referral tersebut akan mendapatkan fee/ komisi dari penjualan yang dihasilkan. Bagi beberapa orang yang menggeluti dunia online marketing maka akan memanfaatkan model periklanan seperti ini, sebab orang yang mengikuti model periklanan ini tidak dibutuhkan modal yang besar seperti membayar biaya registrasi dan sebagainya, cukup memiliki akses internet untuk melakukan pemasaran. Contoh perusahaan yang menerapkan model periklanan ini adalah perusahaan e-commerce seperti amazon.com, lazada.co.id, dan alibaba.com

Pay Per Lead

Model pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan jumlah orang yang telah mengisi form (isian), survey, atau sign up untuk menjadi member pada website pemilik program affiliate. Pengenaan tarif pada iklan ini dikhususkan pada membership bagi setiap pendapatan iklan. Bila kita banyak berselancar pada sebuah website akan ada ajakan untuk mengikuti sebuah website bahkan mendaftar sebuah website, bila menemukan hal tersebut kita telah diarahkan untuk menjadi konsumen yang akan menjadi pendapatan bagi penyedia iklan. Cara ini juga dianggap menarik untuk para publisher atau orang yang menyebarkan sebuah iklan untuk mendapatkan penghasilan. Contoh dari model iklan online ini adalah http://www.shareasale.com/

Pay Per Download

Model pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan orang yang mendownload file atau produk yang ditawarkan penyelenggara affiliate. Dalam menggambarkan model periklanan ini, mari kita jawab pertanyaan ini. Apakah anda pernah mendownload sebuah aplikasi atau software, apakah anda harus membayar ketika mendownload software tersebut? Lalu mengapa mereka memberikannya secara gratis?. Jawabannya tentu mereka memberikan software atau aplikasi tersebut tidak secara Cuma-Cuma, para pemberi software tersebut berharap mendapatkan mendapatkan uang dari setiap downloadan. Pendapatannya bisa didapatkan dari sebuah iklan yang muncul sebelum mendownload atau dari iklan pop up. Contooh dari website ini adalah www. scribd.com untuk dokumen dan www.linkshared.com untuk aplikasi dan sejenisnya.

Pay Per Play

Model pembayaran ini memberikan komisi sesuai dengan jumlah orang yang memutar audio ataupun video yang ditampilkan oleh affiliator. Bila kita pernah membuka website kemudian ada sebuah video ataupun audio yang muncul, kemungkinan itu adalah model periklanan pay per play. Saat ini yang sering kita temui untuk iklan jenis ini adalah youtube.com dimana kita akan diarahkan menonton sebuah iklan sebelum menyaksikan sebuah video, bila kita membiarkan iklan itu tampil maka youtube secara otomatis mengenakan tarif.

Pay Per Read

Model pembayaran Pay Per Read ini komisi diberikan bila anda sendiri mengklik/membaca iklan yang disodorkan dan diatur dalam durasi tertentu. Beberapa jurnal yang dibaca mengatur model periklan seperti ini. Bila dokumen dirasa penting dan berharga maka pemilik website dapat mengatur agar setiap pembacanya dikenakan tarif, selain itu juga terdapat website yang mengatur pembacanya akan mendapatkan komisi dari informasi yang dibacanya. Kedua hal ini masuk dalam model pay per read, Misalnya www.elecbook.com.

Cost Per Interaction

Dengan model ini, pengiklan membayar untuk iklan rollover ( iklan yang muncul setiap melakukan scroll), biasanya ditempatkan dalam video atau aplikasi (seperti aplikasi Facebook) , dan berdasarkan interaksi dengan iklan itu. Sebuah iklan dapat berisi video, permainan, atau konten kaya lainnya. Hal ini terjadi tanpa harus pengguna Internet pergi dari halaman web, dan pemasar hanya membayar bila seseorang menyelesaikan tindakan.

Flat Rate atau Sponsorships

Pemilik website yang memiliki lalu lintas rendah, kadang-kadang memilih untuk menjual ruang banner dengan biaya tetap per bulan(flat rate), tanpa memperdulikan jumlah iklan di klik atau jumlah iklan tayang. Contohnya iklan eksklusif di semua halaman dan slot tertentu halaman website, buletin, bagian, dan mensponsori konten. Sponsorship berarti bahwa tidak ada pengiklan lain yang akan muncul di bagian tersebut. Biasanya iklan seperti akan muncul pada header sebuah website atau blog. Sponsor seringkali sulit untuk diukur dan sebagian besar digunakan untuk meningkatkan brand atau kesadaraan terhadap suatu merek



Mendistribusikan iklan

Dalam menyebarluaskan iklan online, Anda dapat menyebarluskannnya dengan gratis atau berbayar. Setiap pilihan tentu ada keuntungan dan kerugiannya. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memasarkan iklan online secara gratis yaitu:
     a.) Mencari penyedia iklan online gratis.
          Contoh penyedia iklan gratis: 1.) www.bandungspace.com
                                                                2.) www.bandung.olx.co.id
                                                                3.) www.berniaga.com
                                                                4.) www.tokobagus.com
    b) Membuat konten yang berkualitas dan dicari banyak orang setelah itu lakukan.
       1.) Submit artikel ke distributor konten/artikel direktori
       2.) Bergabung pada sebuah grup seperti google group atau yahoo groups
       3.) Membuat akun di sosial media
       4.) Menggunakan social bookmark
       5.) Buat channel
       6.) Bergabung atau berkomentar di forum-forum
       7.) Melakukan blogwalking sesuai artikel yang relevan

 Beberapa penyedia iklan yang menawarkan jasa di internet diantaranya adalah:
 1. Ad Network

Iklan ini menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin.


adnetwork

 2. Rep Ad Agencies
Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan Tribal Fusion

rep-ad-agencies
  • Kelebihan: Memudahkan perusahan untuk mempromosikan produk/jasa nya, serta adanya prediksi-prediksi terlebih dahulu. Karena pihak agensi membantu strategi pemasaran melalui bentuk iklan ini.
  • Kekurangan: Biaya pengeluaran iklan akan lebih besar, karena melalui beberapa pihak penyedia ruang iklan dan perantara.
 3. RSS Advert

Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising
rss
  • Kelebihan: Dapat menyesuaikan  penempatan iklan melalui klasifikasi kebutuhan yang sudah ditentukan.
  • Kekurangan: Kemungkinan tidak dapat dilihat oleh semua pengguna internet, karena telah diklasifikasikan terlebih dahulu.
 4. Sponsorship

Adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner.
sponsor
  • Kelebihan: Lebih efektif jika dipakai ketika mensponsori event-event yang berkaitan dengan produk/jasa perusahaan yang memberi dana.
  • Kekurangan: Penjelasan mengenai produk/jasa tidak ada. Karena biasanya hanya berbentuk logo perusahaan.
 5. Jaringan dan Bursa iklan
 6. Bergabung dengan group buying
 7. Memanfaatkan pemasaran afiliasi
 8. Menyewa space iklan banner berdasarkan demografis dan kategori.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keindahan Pulau Dewata

Makanan dari Bali salah satunya adalah makanan yang kebanyakan dari bumbu khas rempah-rempah yang berasal dari Bali itu sendiri. Banyak be...