BAB 3
Search Engine Opimization (SEO)
A. Pengertian SEO
1.
Meunurut
para ahli:
a.
Neil
Patel
SEO adalah sebuah seni untuk memahami searc engine dan menggunakan
pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah website memiliki peringat lebih inggi
di dalam search engine.
b.
Danny
Sullivan
SEO adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah
informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlilhat di area
pencarian gratis yang duisediakan.
c.
Rand
Fishkin
SEO
adalah kombinasi dan taktik dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi
oleh optimalisasi informasi, kemudahan penggunaan, fokus pada konten,
penangetan audiensi, disain, pengembangan situs, penelitian keybord, penempatan
keybord, link building, social media marketing dan segala macam elemen
marketing online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih
banyak trafik dari search engine.
Dari pendapat di atas SEO adalah suatu usaha yang
dilakukan pada sebuah blog yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah trafik
kunjunagan melalui mesin pencari website atau blog tertentu dengan memanfaatkan
mekanisme kerja dalam mesin pencari yang biasa dikenal dengan istilah optimasi
SEO. Selain itu Search Engine Result Page (SERP) yaitu daftar halaman web yang
ditampilkan noleh seach engine sebagai respons erhadap kata yang diketik pada mesin
pencari.
2. Teknik SEO
Dalam SEO terdapat dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan
optimasi.
a. Teknik
white hat SEO
Teknik white hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang dpergunakan
oleh seorang webmaster untuk mengoptimalkan web atau blog mereka dengan cara
legal dan idak melanggar kebijakan yang ditetapkan oleh seach engine.
b. Teknik
black hat SEO
Teknik black hat SEO adalah suatu teknik optimal SEO yayng dipergunakan
oleh seseoarang webmaster unutk mengoptimalkan web atau blog mereka dengan cara
ilegal yang melanggar peraturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh seach
engine.
3.
Jenis
Optimasi SEO
Beikut penjelasan mengenai masing-masiing optimasi SEO.
1.
Opsimasi
SEO on page
Optimasi on page adalah sebuah optimal mesin pencari yang dilakukan pada
blog atau website yang dimaksud dari dalam blog itu sendiri. Adapun jenis
optimasi SEO on page:
a. Optimasi
SEO on page pada URL
Di mana URL yang baik seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel.
b. Opsimasi
SEO on page pada domain
Untuk domain digunakan sebagai keybord
maka disarankan tanpa menggunakan tanda pemisah seperti “-“. Misal “tutorial
bsnis online” maka akan lebih baik membuat domain http://tutorialbisnisonline.com
daripada http://tutorial-toko-online.com.
c. Optimal
SEO on page pada judul halaman (title
page)
Judul halaman sudah tentu mengandung kata kunci yang ditargetkan karena
sebagaimana judul halaman haruslah berisi kata terpenting pada halaman tesebut.
Dasar teknik berkembangnya teknik dynamic
headding, di mana para pembuat blog
atau web berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagia judul halaman.
Poin dari judul halaman sangat besar
dalam teknik on page halaman web.
d. Optimasi
SEO on page dengan meta description.
Meta description yang baik adalah berbeda-beda apda setiap artikel karena
masing-masing artiket memiliki topik sendiri. Meta description ini harus
memerhatikan beberapa hal, yaitu:
1. Panjangnya
maksimal 150 karakter.
2. Tidak
mengulang suatu kata lebih dari dua kali.
3. Mengandung
kata kunci target di bagian-bagian awal.
e. Optimasi
SEO on
page pada title tag
Berada pada <head> dan kodenya adalah:
<title> isi dari title tag</ ttitle>. Dimana yang paling penting adalah
apa saja yang bisa Anda isikan pada title
tag ini. Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata
kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Adapun yang perlu diketahui
bahwa semakin di depan kata itu, maka poinnya akan sangat tinggi. Jadi
sebaiknya format dari isi title tag adalah JUDUL ARTIKEL saja atau JUDUL
ARTIKEL – NAMA BLOG. Sebaiknay hindari strukstur NAMA BLOG: JUDUL ARIKEL, kecuali
blog atau web Anda sudah punya reputasi yang sangat baik.
f. Optimasi
SEO on page pada gamabar
Cara terbaik memberitahu Google apa isi dari gambar adalah menggunakan
alt tag. Ini termasuk salah satu teknik on page, karena tujaun utama dari
sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pembacanya
dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar.
g. Optimasi
SEO on page pada atrikel atau berita
Uasakan keybord density (kepadatan
kata kunci) tidak kuarang dari 3%. Yang terpenting adalah menyebarkan keybord tersebut denagn alami sehingga tetap enak
dibaca pengunjung.
2. Optimasi SEO off page
Jika optimasi SEO onpage dilakuakn di dalamblog, maka optimasi SEO off
page dilakukan dari luar blog itu. Jdi, SEO off page merupakan hal-hal yang
dilakuakn di luar halaman web pages demi meningkatkan kinerja di search sengine
berdasarkan blog, maka optimasi SEO off
page dilakukan dari luar blog itu. Jdi, SEO off page merupakan hal-hal yang dilakuakn di luar halaman web pages
demi meningkatkan kinerja di search
sengine berdasarkan target keybord
yang memiliki hubungan dengan konten. Misalnya mencari backline, entah lewat atau bertukar link, benner, ataupun
berkomentar di blog atau web orang lain.
Beberapa contoh SEO off page, yaitu:
a. Backlink dari website atau blog lain.
b. Submit
site map ke webmaster tools. Google webmaster tools adalah alat yang disediakan
oleh Google untuk para webmaster (pemilik website).
c. Postingan artikel atau berita ke
berbagai situs atau forum sosial bookmarking.
d. Blog walkiing.
e. Ping
blog. Ping adalah cara yang dilakukan oleh blogger untuk memberitahukan update konten kepada search engine. Sinyal XML-RPC akan
dikirim ke satu atau lebih server ping yang memberitahukan bahwa situs atau
blog tertentu memiliki konten yang baru. “Dari berbagai sumber”, contoh: http://pingomatic.com.
Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih backline dan metode untuk membuatnya.
a. Hal- hal yang perlu diperhatikna dalam memilih backlink
1) Dalam memilih website yang nantinya akan diletakkan baclink perlu mempertimbangkan trafik dan pagerank yang lebih baik dari web yang dimiliki, kerena jika rendah justru akan memberi pengaruh buruk pada web yang berujung pada SERP yang tidak baik.
2) Carilah website yang daapt merekomendasikan pengunjungnya untuk mengarahkan ke link perusahaan.
3) Dalam membuat backlink juga harus memerhatikan aturan SEO, agar tidak dianggap melakuakn spamming. Karena melakukan spmming tidak dianjurkan dalam SEO dan tidak disukai oleh Google. Bisa jadi web perusahaan malah di klick oleh Google dan hilang dari indekspencarian.
4) Buatlah Backlink secukupnya dan hindari menaruh backlink di situs yang mengandung pornografi dan menyimpan dari SARA.
b. Metode membuat backlink di blog atau website.
Metode yang dapat digunakan untuk membuat backlink pada blog atau website sebenarnya banyak. Diantaranya:
Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih backline dan metode untuk membuatnya.
a. Hal- hal yang perlu diperhatikna dalam memilih backlink
1) Dalam memilih website yang nantinya akan diletakkan baclink perlu mempertimbangkan trafik dan pagerank yang lebih baik dari web yang dimiliki, kerena jika rendah justru akan memberi pengaruh buruk pada web yang berujung pada SERP yang tidak baik.
2) Carilah website yang daapt merekomendasikan pengunjungnya untuk mengarahkan ke link perusahaan.
3) Dalam membuat backlink juga harus memerhatikan aturan SEO, agar tidak dianggap melakuakn spamming. Karena melakukan spmming tidak dianjurkan dalam SEO dan tidak disukai oleh Google. Bisa jadi web perusahaan malah di klick oleh Google dan hilang dari indekspencarian.
4) Buatlah Backlink secukupnya dan hindari menaruh backlink di situs yang mengandung pornografi dan menyimpan dari SARA.
b. Metode membuat backlink di blog atau website.
Metode yang dapat digunakan untuk membuat backlink pada blog atau website sebenarnya banyak. Diantaranya:
1. Blog walking
Blog waking
adalah metode membuat backlink
dengan cara menguinjungi blog yang mempunyai trafik tinggi dan berkomentar di posting-an denagn menaruh URL blog atau
web perusahaan disana.Cara ini adalah yang paling miudah yang digunakan oleh blogger.
2. Website submiting
Website
suibmiting adalah metode membuat backlink
dengan melakukan submit web seseorang atau perusahaan ke dalam directory website yang menyediakan jasa web submiting.
3.
Social
bookmarking
Metode ini dilaukan denagn cara membuat
artikel di situs social bookmarking dan
menaruh link di sana. Contohnya: reddit.com, infogue.com, delicious.com,
digg.com, twiter.com dan lain-lain.
4. Sosial
media
Cara ini dilakukan dengan share sebuah link
melaluyi sosial media seperti facebook, gplus, Twitter, Youtube dan lain-lain.
5. Bertukar
link
Cara ini sering dilakukan oleh para blogger,
yaitu dengan bertukar link.blog kita mencantumkan URL blog teman begitu juga
sebaliknya supaya mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog maupun visitor dari pemilik blog lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar